Saturday, January 17, 2009

BEGAWAN POLITIK, DELIAR NOER 75 TAHUN


Memotret Begawan Politik Indonesia

Judul: Begawan Politik, Deliar Noer 75 Tahun
Penerbit: Panitia Penerbitan Buku 75 Tahun Prof. Dr. Deliar Noer, Jakarta
Editor:
Saripudin HA
Cetakan: I, 2001
Tebal: xii + 356 halaman


Buku Begawan Politik adalah persembahan atas 75 tahun usia Prof. Dr. Deliar Noer. Buku ini seolah menyempurnakan buku Aku Bagian Umat Aku Bagian Bangsa (Mizan, Bandung, 2006). Jika Aku Bagian Umat Aku Bagian Bangsa berbicara dengan bahasa Deliar sendiri, maka buku ini berbicara tentang doktor ilmu politik pertama di Indonesia ini dengan bahasa dan bacaan orang lain, tokoh lain, atas pemikiran dan perjalanan hidup pribadi dan sosial Deliar Noer.

Bukan saja tokoh dekat yang menulis, seperti George McT. Kahin, Ali Sadikin, H.M. Sanusi, Meutia Hatta-Swasono, tetapi juga tokoh yang mengambil jalan lain, seperti A. Dahlan Ranuwihardjo, Nurcholish Madjid, Akbar Tandjung, dan Amien Rais. Di antara penulis lainnya adalah Miriam Budiardjo, Azyumardi Azra, dan Salahudin Wahid.

Sebelum tulisan para kontributor itu, dimuat suatu dua bagian, yaitu (1) tulisan dan wawancara Deliar Noer mengenai reformasi, dan (2) liputan berita pers terhadap kegiatan Deliar. Di bagian Lampiran dilengkapi pula dengan berita-berita terkait reformasi politik di Indonesia.

No comments:

Post a Comment